Pages

Kamis, 22 November 2012

TPA " Tips Perlu Aktualisasi"


Apakah anda pernah berada didalam sebuah kegiatan yang dihadiri oleh beberapa orang individu.? Dimana  didalamnya terdapat seseorang atau beberapa orang narasumber. Misalnya dalam sebuah seminar, pertemuan, diskusi kelas, atau kegiatan-kegiatan lain yang serupa ?
Jika ya, maka apakah anda pernah memperhatikan saudara atau teman-teman anda yang berada disekitar anda ? anda akan menemukan ada beberapa orang individu atau bahkan anda sendiri yang merasa jenuh dan tak memperhatikan pembicara secara saksama. Bahkan tak jarang mereka-mereka itu dapat menimbulkan kekacauan sendiri dengan membentuk suatu forum didalam forum itu sendiri.
Betapa tak lucunya jika anda yang mulanya sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut, namun sementara kegiatan tersebut berlangsung maka anda sendiri yang terlihat jenuh terhadap materi yang dibawakan. Entah itu karena kekecewaan anda terhadap materi yang dibawakan yang tak sesuai dengan yang anda harapkan atau bahkan pemateri atau pembicara yang menjenuhkan walaupun materi yang dibawakan cukup menarik. Kesemuanya itu mungkin dapat menjadi poin-poin penting yang harus kita temukan solusi terhadap permasalahan tersebut.
Hal inilah yang terkadang yang minimpa diriku, ketika menghadiri suatu kegiatan yang mulanya sangat menarik bagi saya. Bahkan tak jarang saya merasa rugi, karena ketika saya telah mengeluarkan banyak materi untuk mengikuti kegiatan tersebut namun yang saya peroleh hanya lelah saja, tanpa sepatah kata yang mungkin dapat saya kembangkan nantinya diluar pertemuan tersebut (alias capek YES, ilmunya NO).
Bermula dari hal inilah, sehingga saya dengan sengaja sering mengikuti kegiatan atau pertemuan-pertemuan, walaupun terkadang tak penting-penting sekali, hanya ingin mengamati individu-individu yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang yang menjadi perioritas penelitian saya yakni diskusi kelompok dikelas baik dibawakan oleh dosen ataupun teman-teman sekelas itu sendiri, mengikuti seminar, sampai pada pengamatan pada saat khotbah sholat jumat dilaksanakan.
Beragam tingkah laku individu yang dapat saya temui, dimulai dari dari sibuk dengan Hape (handphone) entah itu sms-an, chat di dunia maya, mutar lagu melalui handshet yang tepasang ditelinga (terutama kaum hawa yang menggunakan kerudung tren*), cerita sama teman yang berada disisi kiri kanan sampai pada individu yang menekan-tekan tak jelas tombol apa saja yang tersedia di dalam hapenya, yang belakangan saya tau hanya untuk mengecek jam waktu berakhirnya kegiatan tersebut, bahkan tak jarang saya temukan individu yang tertidur, terutama pada acara khotbah sholat jumat.
Nah untuk itu, maka saya berikan beberapa tips agar teman-teman tak lagi merasa jenuh terhadap kegiatan tersebut:
1.  Sebelum memasuki ruangan, usahakan berwhudu dan niatkan karena Allah. Sebab dengan niat karena Allah, anda akan menemukan ketentraman dan rasa optimisme ketika kegiatan tersebut berlangsung.
2.  Ambil posisi terdepan, ya kalau perlu didepan sang pembicara, karena posisi terdepan dapat membuat diri kita jauh lebih terfokus terhadap ucapan-ucapan si pembcara, dibandingkan posisi dibelakang yang mungkin suara pembicara akan terdengar samar-samar di pendengaran anda atau bahkan tak terdengar sama sekali.
3.  Pada saat kegiatan berlangsung, usahakan anda juga berperan aktif, baik memberikan argument, tanggapan, mengemukakan pertanyaan ataupun hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat dari pemateri yang sudah jelas jawabanya.
4.   Perbanyak dzikir, ketika anda sedang ngantuk melanda, terutama pada saat sholat jumat.

"semoga Bermanfaat"
*kerudung tren maksudnya kerudung yang tak sesuai dengan ketentuan syariat islam

Tidak ada komentar: