Pages

Minggu, 10 November 2013

Cara Mengajar Versi Azym


Dalam menikmati proses mengajar,terkadang kita membutuhkan pembaharuan atau motivasi untuk menambah semangat dan gairah dalam menerima proses pengajaran. Tak dapat dipungkiri, setiap guru memiliki cara yang berbeda untuk memberikan materi pelajarannya sehingga dapat benar-benar dapat dimengerti  oleh semua peserta didik.
Salah satu, cara yang kini sedang penulis terapkan adalah dengan memberikan motivasi dengan nada yang agak sedikit diperkeras sehingga seolah-olah seperti  orang yang sedang marah. Metode ini telah saya peraktekkan di dua kelas yang berbeda dengan kondisi siswa dikelas hampir sama. Dari hasil analisa penulis, memang pemberian motivasi ini agak efektif namun sanagt kurang efektif bila digunakan untuk mengakrabkan hubungan emosional antara guru dan siswa. Hal ini disebabkan karena ketika memberikan materi seolah guru sedang marah yang menyebabkan peserta didik merasa risih karena tidak terlalu senang dengan guru yang senang marah-marah. Namun cara ini efisien untuk mengubah kebiasaan yang dilakukan siswa karena biasanya hanya dengan memberikan stimulus yang ekstrem sehingga orang mau mendengarkan dan mau berubah, walaupun disisi lain perubahannya itu bersifat sementara.
Oleh karena dibutuhkan suatu  metode yang tepat dalam menciptakan cara mengajar yang efektif sehinngga dapat mempengaruhi semua orang. Namun pertanyaannya bagaimanakah cara yang benar-benar efesien mengajar itu dan seberapa efsienkah hal itu ??

Tidak ada komentar: